Senin, 21 Juli 2014

Film Dokumenter, Pengertian dan Jenisnya

Pengertian film dokumenter adalah film yang mendokumentasikan cerita dari sebuah kisah nyata. Kata dokumenter sendiri pertama kali digunakan pada tahun 1926 di sebuah resensi film yang berjudul Moana. Sedangkan di negara Perancis istilah dokumenter dipakai untuk menyebut semua film yang bersifat non fiksi, termasuk film mengenai perjalanan dan film mengenai pendidikan.

Film Dokumenter

Film dokumenter berbeda dengan jenis film lainnya seperti film thriller atau pun film komedi Indonesia karena merupakan sebuah rekaman kejadian yang diambil langsung saat kejadian sedang berlangsung dan tentunya bersifat nyata. John Grierson merupakan orang pertama kali yang menemukan istilah dokumenter di suatu pembahasan resensi film yang berjudul Moana pada tahun 1926. Beliau pun berkata bahwa sinema bukanlah sebuah seni rupa ataupun hiburan melainkan suatu bentuk publikasi yang dapat dipublikasikan dengan 100 cara yang berbeda untuk 100 penonton yang berbeda. Oleh karena itu John Grierson menyimpulkan bahwa film dokumenter adalah sebuah metode publikasi yang disajikan secara sinematik.
Dalam film dokumenter sendiri mengkombinasikan 2 aspek yang ada di kehidupan nyata setiap manusia yaitu aspek sains dan seni. Aspek sains dan seni yang ada di film dokumenter merupakan suatu penjabaran fakta yang disusun sedemikian rupa sehingga bernilai artistik dan tentunya dapat membuat penonton memahami apa yang sebenarnya terjadi di luar sana sehingga dapat memperbaiki kualitas hidupnya.
Film dokumenter pun saat ini digunakan sebagai alat kritik sosial terhadap apa yang terjadi di bangsa dan negara ini seperti korupsi, anak-anak yang tidak mendapatkan pendidikan secara layak, kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat, ataupun terhadap cara kerja lembaga-lembaga yang ada di negara seperti DPR, MPR,Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Mahkamah Agung RI, dll.
Namun selain mempublikasikan hal-hal yang erat sekali dengan masyarakat, film dokumenter pun banyak digunakan artis-artis dunia untuk mempublikasikan perjalanan hidup serta karya-karya yang selama ini telah dibuat, seperti Justin Bieber dengan film dokumenternya yang berjudul “Never Say Never” atau Michael Jackson lewat sebuah film yang dibuat setelah ia meninggal dan menceritakan bagaimana persiapan konser musik terakhirnya yang diberi judul “This Is It” dan rilis pada tahun 2009.

Jenis Film Dokumenter

Film dokumenter sendiri mempunyai banyak jenis dan macamnya, berikut beberapa jenis dan macam film dokumenter :
  • Biografi seseorang baik itu politikus, artis, pengusaha, Presiden atau Mantan Presiden, dll. Contohnya saja biografi Soekarno yang perjalanan hidupnya dan perjuangannya dalam membebaskan Bangsa Indonesia dari penjajahan beberapa bulan lalu telah dijadikan sebuah film dokumenter dengan judul yang sama yaitu “Soekarno”.

  • Laporan perjalanan atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Traveling. Contohnya membuat film dokumenter tentang apa saja keunikan serta budaya yang ada di balik keindahan tempat wisata di Korea Selatan.

Share this

0 Comment to "Film Dokumenter, Pengertian dan Jenisnya"

Posting Komentar